Wednesday, October 24, 2012

Resep Bakso Sapi Kenyal Tanpa Bahan Pengawet



Resep Bakso Sapi kenyal tanpa bahan pengawet - Cara membuat bakso sapi kenyal sebenarnya tidaklah begitu sulit asalkan semua daging yang digunakan membuat bakso adalah daging sapi segar yang belum lama disembelih maka baso akan kenyal dengan sendirinya. Untuk membuat resep nusantara bakso sapi kenyal hitungan maksimalnya adalah 6 jam setelah sapi dipotong agar menghasilkan bakso sapi kenyal tanpa bahan pengawet. Apabila lewat dari 6 jam maka bakso akan menjdai kurang kenyal. Lalu bagaimana cara kita mengetahui daging sapi tersebut masih segar atau tidak? mudah saja, caranya adalah dengan memegang daging sapi tersebut dan rasakan apakah daging sapi tersebut masih hangat atau tidak. Bila hangat maka bisa digunakan untuk membuat bakso kenyal. Bila dingin maka kurang bagus jika digunakan. Selain itu periksa juga warna daging sapinya, Berwarna merah berarti masih segar, juka berwarna merah gelap maka itu kurang bagus.
Resep Bahan bakso sapi kenyal tanpa bahan pengawet :

Catatan :
  • STTP yang dipakai harus yang FOOD GRADE – fungsinya untuk pengenyal.
  • TIO2 yang dipakai harus yang FOOD GRADE – fungsinya untuk membuat bakso lebih putih (tidak terlalu hitam) – ini optional (bisa dipakai, bisa juga tidak)
  • Resep di atas adalah resep untuk sekali masuk mesin chopper bakso. Untuk skala yang lebih kecil (rumah tangga), anda dapat membaginya dengan angka 10. Sehingga anda menggunakan resep 1/10 bagian.

Cara membuat bakso sapi kenyal tanpa bahan pengawet :
  • Masukkan daging yang sebelumnya digiling dulu dengan mesin penggiling daging. Agar kerja mesin chopper tidak berat. Masukkan daging sedikit demi sedikit sambil mesin chopper jalan.
  • Masukkan setengah air es dan bumbu-bumbu (garam, msg, sttp dan tio2). Giling terus sampai daging sudah kelihatan lembek
  • Masukkan tepung tapioka sedikit demi sedikit. Masukkan juga sisa air es yang setengah bagian. Ini agar temperatur daging tetap dingin.
  • Giling terus sampai halus. Perhatikan juga temperatur daging, jangan sampai panas(suhu diatas 15 der. C). Bila daging panas, baksonya tidak bisa kenyal.
  • Keluarkan adonan bakso dari mesin. Lalu cetak bakso dengan tangan atau mesin pencetak bakso.
  • Rebus bakso dengan air panas tapi jangan sampai mendidih. Suhu air sekitar 80 der. Celcius.
  • Bila bakso sudah mengambang di permukaan air, angkat bakso dan dinginkan.
  • Bakso siap untuk dimakan sendiri atau dijual.

Demikianlah resep bakso sapi kenyal tanpa bahan pengawet. Selamat mencoba!
Resep Bakso di atas adalah resep bakso kualitas super.

Resep bakso sapi kenyal,resep cara membuat bakso

resep bakso sapi kenyal,resep cara membuat bakso

resep bakso sapi kenyal,resep cara membuat bakso

1 comment: